Diselamatkan dari Boko Haram, 214 Gadis Nigeria Dikhawatirkan Hamil

Tuesday, May 5, 2015 | comments

http://harianmetro1.blogspot.com
Lagos, -- Lebih dari 200 gadis yang diselamatkan otoritas Nigeria dari kelompok Boko Haram, dikhawatirkan hamil akibat pemerkosaan yang dilakukan kelompok radikal tersebut.

Total 275 wanita dan anak-anak perempuan diselamatkan dari kamp Boko Haram pada akhir pekan lalu, menyusul operasi militer Nigeria untuk menyelamatkan mereka dari basis kelompok ekstrem tersebut. Menurut militer Nigeria, mereka yang diselamatkan itu tidak termasuk ratusan anak-anak sekolah yang diculik Boko Haram pada April 2014 lalu.

Menurut badan PBB, UN Population Fund (UNFPA) seperti diberitakan International Business Times dan dilansir AFP, Selasa, 5 april 2015, sebanyak 214 gadis yang diselamatkan itu tampak hamil.

Disebutkan bahwa kondisi hamil itu mungkin terjadi karena beredar laporan bahwa kaum wanita dan gadis-gadis yang diculik Boko Haram kerap mengalami pemerkosaan dan dipaksa menikah dengan para militan tersebut.
"Kami perkirakan ini akan terus meningkat dikarenakan intervensi militer tengah berlangsung, kami menemukan lebih banyak orang yang kini membutuhkan bantuan kami dan kami akan terus (membantu)," ujar direktur eksekutif UNFPA, Profesor Babatunde Osotimehin kepada media setempat.

Dua wanita yang diselamatkan dari Boko Haram mengungkapkan, para militan memaksa mereka untuk menikah dengan militan Boko Haram setelah menculik mereka.

Menurut Turai Kadir, relawan yang membantu di kamp-kamp pengungsi di ibukota Lagos, para sandera yang berhasil diselamatkan itu tidak dalam kondisi baik.
"Mereka semua trauma," tutur Kadir. "Mereka lapar. Mereka sakit. Seorang wanita mengatakan, dirinya dibawa dari pasar tempat dia dan suaminya berjualan. Mereka (Boko Haram) membawanya ke semak-semak dan membunuh suaminya," imbuhnya.
"Mereka bilang dia harus menikah dengan tuan mereka. Tak ada yang lebih membuat trauma daripada itu," tandasnya.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger