Promosi Kreatif Sektor Pertanian untuk Generasi Muda

Wednesday, May 6, 2015 | comments

http://harianmetro1.blogspot.com
JAKARTA -- Ekonom Universitas Sam Ratulangi Agus Tony Poputra mengatakan bahwa pemerintah harus dapat mempromosikan sektor pertanian kepada kalangan pemuda dan pemudi agar semakin banyak generasi muda yang terjun ke sektor tersebut. "Lakukan komunikasi dan promosi yang lebih baik untuk meningkatkan animo generasi muda untuk berkiprah di sektor pertanian," kata Agus di Jakarta, Rabu, 6 mei 2015.

Menurut dia, kondisi yang ada saat ini memperlihatkan semakin banyak generasi muda yang enggan masuk ke sektor pertanian karena dinilai tidak bisa menjamin kesejahteraan mereka. Pandangan seperti itu dinilai muncul di kalangan muda salah satu penyebabnya adalah komunikasi dan promosi lembaga terkait sektor pertanian dinilai masih kurang tepat.
"Sebagai contoh, dalam iklan atau media promosi pertanian sering ditampilkan sosok petani tua, kurus, dan memikul cangkul. Ini memberi sinyal bagi generasi muda bahwa terjun ke pertanian akan berhadapan dengan masa depan suram," katanya.

Untuk itu, ia mengusulkan perlunya upaya promosi kreatif dengan menampilkan petani-petani sukses dan memasukan praktik pertanian ke dalam kurikulum sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara pernah mengatakan sektor pertambangan dan pertanian berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia karena dua sektor tersebut berkontribusi besar menggerakkan perekonomian.
"Faktor komoditas tambang dan pertanian cukup signifikan. Selama tambang dan pertanian belum meningkat secara pesat, memang pertumbuhan ekonomi ke kepala enam persen butuh waktu," ujar Mirza saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 20 april 2015.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger