Program Pemerintah Pembangunan Sejuta Rumah Mulai Terealisasi

Thursday, April 30, 2015 | comments

(Vibizmedia – Nasional) Percepatan pembangunan Infrastruktur menjadi tema dalam Musrembangnas 2015 di Jakarta, akhir April ini pemerintah menjalankan komitmen dalam pembangunan di Indonesia. Rabu, 29 april Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Unggaran Semarang, Jawa Tengah untuk pencanangan pembangunan sejuta rumah yang di dampingi oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Presiden Jokowi optimis pembangunan sejuta rumah untuk rakyat dapat terealisasi, beberapa pekan lalu presiden sempat mengundang para pemimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat berperan serta dalam pembangunan khususnya BUMN yang memiliki dana yang cukup besar seperti BPJS Ketenagakerjaan memiliki dana tabungan sebesar Rp 180 triliun bertahun-tahun hanya disimpan saja dibank dengan bunga yang kecil, ujarnya.

Presiden Jokowi sampaikan perlu adanya loncatan. Membangun rumah 200 ribu itu sulit dan butuh dana besar, tapi bisa dicapai itu sebabnya pemerintah mengandeng BUMN. Pembangunan tersebar di 9 daerah diantaranya : DKI Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Malang, Nias Utara, Palembang, Waringin Timur dan Bantaeng dengan rencana pembangunan 603.516 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 396.484 unit rumah untuk menengah atas atau non MBR.

Pembangunan rumah MBR dibagi menjadi 3 tahap :
Tahap 1 akan dibangun sebanyak 331.693 unit, izin dan lokasi sudah siap.
Tahap 2 akan dibangun sebanyak 98.020 unit, target selesai Mei-Juni tahun depan
Tahap 3 akan dibangun sebanyak 173.803 unit, masih dalam proses izin lokasi pengembang Program MBR hanya diperuntukkan bagi kelompok nelayan, pekerja/buruh, PNS, TNI dan Polri.

Pembangunan rusunawa sebanyak 10.000 unit di Kelurahan Gedanganak, Ungaran juga menjadi bagian dari program tersebut yang di prakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat sebanyak 7.600 unit dan BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 2.400 unit.
http://harianmetro1.blogspot.com
Link:

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger