Ini Dia Alasan Kenapa Air Laut Terasa Asin

Sunday, December 21, 2014 | comments (3)

Sempatkah anda berpikir dari manakah rasa asin itu? Apakah lantaran keringat ikan? Pasti itu jawaban konyol. Kita mesti tahu jawabannya dengan cara ilmiah. Semoga artikel ini dapat mengulas rasa penasaran masalah sumber keasinan air laut.

Air laut mempunyai kandungan garam rata-rata 3,5%. Berarti dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 gr garam (tetapi tak semuanya garam dapur/NaCl).

Meskipun umumnya air laut didunia mempunyai kandungan garam 3,5% air laut juga berlainan kandungan garamnya. Yang paling tawar yaitu di timur Teluk Finlandia serta di utara Teluk Bothnia, keduanya sisi dari Laut Baltik. Yang paling asin yaitu di Laut Merah, dimana suhu tinggi serta aliran terbatas bikin penguapan tinggi serta sedikit input air dari sungai-sungai. Sumber rasa asin Air laut mempunyai kandungan garam lantaran bumi dipenuhi dengan garam mineral yang ada didalam batu-batuan serta tanah. Misalnya natrium, kalium, kalsium, dan lain-lain. Jika air sungai mengalir ke lautan, air itu membawa garam.

Ketika berlangsung hujan di daratan, air bakal meresap kedalam tanah serta sedikit demi sedikit keluar lagi lewat sungai-sungai dan pada akhirnya meraih laut.

Ketika perjalanan menuju ke laut, air dari daratan juga membawa garam-garam mineral sehinga laut dipenuhi garam-garam mineral. Kita tahu laut memiliki permukaan yang sangatlah luas hingga hal semacam ini jadi salah satu aspek penguapan yang cukup besar, ketika air laut menguap yang menguap hanya H2O (air) tengah garam garam mineral terus tinggal berbarengan air laut, begitulah sehinggga air laut terasa asin.

Kandungan keasinan air laut ini di pengaruhi oleh aspek suhu, umumnya makin panas daerah itu air lautnya makin asin.

Kenapa danau tak asin?
Karena permukaan air danau kurang luas sehinggga penguapannya tak demikian besar, tujuannya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih tetap balance serta sumber mineralnya sangatlah terbatas lain dengan laut yang sumber mineralnya dari beragam penjuru dunia jadi satu.

Share this article :

+ comments + 3 comments

December 21, 2014 at 7:55 AM

Ooooh jadi gitu gan penjelasannya
Makasi ya sangat bermanfaat (y)

December 21, 2014 at 8:33 AM

jadi Gitu Alasan mengapa Air laut Bisa Asin, Makasih udah Post

December 22, 2014 at 6:44 AM

Sama-sama gan.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger