Budi Gunawan Calon Tunggal Kapolri: Ada 2 Rahasia Dibalik Lolosnya Budi

Tuesday, January 13, 2015 | comments

Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya mengusulkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI ke Dewan Perwakilan Rakyat.

Anggota Komisi Hukum DPR dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo, mengatakan surat Presiden Joko Widodo sudah masuk ke DPR. "Benar, sudah masuk ke pimpinan DPR pagi tadi," ujarnya ketika dihubungi, Jumat, 9 Januari 2015.

Budi yang kini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri menyingkirkan 4 calon lain yang diusulkan oleh Komisi Kepolisian Nasional. Mereka adalah Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komisaris Jenderal Dwi Prayitno, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Suhardi Aulius, serta Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komisaris Jenderal Putut Eko Bayuseno.

Ada 2 hal di balik lolosnya Budi Gunawan. Padahal, ia pernah disebut memiliki rekening gendut dan kekayaan yang diumumkan pun luar biasa, mencapai Rp 22 miliar. Dalam urusan rekening gendut itu, ia pun pernah disorot oleh Majalah Tempo pada 2010.

Faktor pertama diperkirakan karena kedekatan Budi dengan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Hal ini sudah prediksi oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S. Pane. Beberapa hari sebelumnya, ia menyatakan Budi Gunawan paling berpeluang menjadi Kapolri. "Karena dia dekat dengan Megawati Soekarnoputri dan Jokowi,"ujar Neta. Budi Gunawan pernah menjadi ajudan Megawati yang saat itu menjabat presiden.

Budi Gunawan pun tak menolak hal itu. Beberapa bulan lalu, ia mengatakan dirinya masih menjalin silaturahmi dengan Megawati. Ia mengaku pertemuan terakhir dengan mantan bosnya itu terjadi pada saat menghadiri tahlilan 40 hari mendiang Taufiq Kiemas, suami Mega. Setiap tahlilan, Budi berperan mengundang tokoh-tokoh polisi.

Menurut Budi, keakraban yang dijalin dengan Megawati tidak pernah sampai membahas urusan politik. Makan malam yang sering digelar tidak menyinggung pembicaraan politik. "Makannya selalu ramai-ramai," ujarnya. Faktor kedua, kedekatan Budi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Disebut-sebut dialah yang menghubungkannya dengan Megawati ketika memuluskan pencalonan Kalla sebagai wakil presiden mendampingi Jokowi pada pemilu lalu.

Budi membantah kabar yang menyebutkan dia menyorongkan nama Jusuf Kalla kepada Megawati. "Itu rumor, itu fitnah. Saya masih polisi aktif, menghindari urusan pemilu, itu melabrak aturan," katanya, Sabtu 24 Mei 2014. Hanya, saat itu Kalla membenarkan bahwa Budi kerap bertandang ke rumahnya. "Semua mantan ajudan saya rutin bersilaturahmi ke rumah karena sudah bersama selama 5 tahun," ujar Kalla kepada Tempo melalui pesan pendek.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger