Sarana Ini Digunakan Jokowi untuk Lebih Dekat dengan Rakyat

Saturday, February 14, 2015 | comments

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah kanal pelaporan berbasis media sosial untuk mengawasi kinerja pemerintah. Layanan ini dikembangkan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) dan kini dikelola oleh Kantor Kepresidenan untuk mendukung pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia.

LAPOR! menawarkan kemudahan, karena masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan uneg-unegnya melalui berbagai kanal, seperti situs www.lapor.ukp.go.id atau SMS 1708. Layanan ini sebelumnya telah digunakan Jokowi semasa beliau menjabat Gubernur DKI Jakarta, dan kini kembali dilanjutkannya untuk mendukung kerja Presiden dalam mengawasi program prioritas nasional pemerintah. LAPOR! juga digunakan sebagai sarana interaksi masyarakat dengan pemerintah.

Menurut informasi dari Pengelola, data dan informasi yang disampaikan masyarakat menjadi bahan analisis strategis untuk disampaikan kepada Presiden. Masyarakat tidak perlu khawatir karena tersedia fitur anonim dan rahasia untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pelapor dalam kasus yang sensitif.

Alur kerja LAPOR! sangat sederhana dan diharapkan mampu mendukung efektivitas pengelolaan pengaduan masyarakat. Setiap aspirasi dan pengaduan akan diteruskan kepada instansi terkait untuk mendapatkan tindak lanjut. Setelah itu, pelapor dan instansi pemerintah dapat berinteraksi lebih lanjut melalui berbagai fitur yang disediakan.

LAPOR! juga menyediakan kanal komunikasi untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat, seperti Twitter @LAPOR1708, Facebook

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger