Berontak Saat Diperiksa Provos karena Positif Narkoba, Bripka SW Diborgol di Tiang Bendera

Sunday, March 29, 2015 | comments

Jakarta - Sebuah video amatir beredar di situs berbagi video Youtube yang memperlihatkan seorang polisi diborgol di tiang bendera Polsek Gambir, Jakarta Pusat.

Kapolsek Metro Gambir AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, Bripka SW diborgol karena memberontak saat hendak diperiksa setelah dinyatakan positif menggunakan narkotika.

"Yang benar dia kita borgol dan kita sandarkan ke tiang bendera karena dia berusaha melawan saat akan ditenangkan oleh anggota. Setelah kita tes urine dan tes darah, dia dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba," kata Susatyo saat berbincang dengan detikcom, Minggu, 29 maret 2015.

AKBP Susatyo menyebut sudah lama memantau perilaku Bripka SW saat bertugas. SW diketahui sering absen kerja dan performanya tak maksimal. Karena itu, pada Selasa, 24 maret lalu ia mengadakan tes urine pada seluruh anggota kepolisian. Saat itu, SW absen sehingga tak diperiksa.

Susatyo lalu meminta ia datang pada keesokan harinya namun SW kembali datang terlambat sehingga tak berhasil diperiksa. "Saat saya bilang akan tes darah, dia kembali sengaja terlambat sehingga tak diperiksa," lanjutnya.

Merasa curiga, Kamis, 27 maret subuh, ia lalu meminta tim reserse untuk menjemput SW langsung ke rumahnya di kawasan Tanah Abang, Jakpus. Sempat memberi perlawanan, SW akhirnya berhasil digelandang ke kantor Polsek Metro Gambir dan langsung diperiksa urine dan darahnya.

"Dari hasil pemeriksaan urine dan darah, ia dinyatakan positif narkoba," ucapnya. Perlawanan terjadi saat Bripka SW hendak diminta diminta keterangan oleh anggota Provos. "Dia berusaha untuk ditenangkan tapi dia dalam keadaan emosi dan melawan. Agar tak membahayakan anggota lain dan masyarakat yang sedang ada di kantor, ia dan kita bawa ke depan kantor. Tapi itu juga cuma beberapa saat. Nggak sampai 1 jam," ucapnya.

Susatyo mengatakan Bripka SW hanya 'dijemur' agar dapat kembali menenangkan emosinya. Setelah tenang, SW dibawa kembali ke kantor untuk diperiksa dan dimintai keterangannya. Saat ini pihak Polsek Metro Gambir sedang memproses berkas SW untuk segera direhabilitasi.

"Dia akan kita kita rehabilitasi," pungkasnya. Dalam video berdurasi 1 menit itu terlihat seorang perwira duduk di tiang bendera Polsek Gambir tanpa pakaian. Tak ada polisi yang mendampingi Bripka SW saat itu. Ia hanya duduk tanpa melakukan gerakan apapun.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Harian metro1 Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger